Jumat, 24 Januari 2014

Pengalaman Masa PPL di SMA Karya Wisata Penarukan-Singaraja

Pengalaman Masa PPL di SMA Karya Wisata Penarukan-Singaraja

Om Suastiyastu,
Setelah selesai palaksanaan kegiatan penyerahan PPL, mulailah saya menjadi keluarga baru SMA Karya Wisata Penarukan. Diawal saya praktek mejadi seorang calon guru, terlebih dahulu saya lakukan adalah observasi sekolah, agar tahu sedikitnya tentang seluk beluk sekolah itu. Pertama-tama adalah mengetahui anggota jajaran sekolah, seperti Kepsek, WKS, dan guru yang lainnya hingga ke pembagian guru pamong masing-masing jurusan. Setelah itu kami pun di bagi lagi untuk pembagian kelas yang diajar,kami hanya mendapat ngajar satu kelas saja, karena tidak banyak jumlah kelas yang terdapat disana. Saya dapat bagian untuk mengajar kelas XI IPB 3 yang jumlah siswanya sebanyak 53 siswa dengan jadwal mengajar setiap hari selasa.
Untuk menempuh pendidikan sebagai calon guru, pertama kalinya adalah saya mengikuti guru pamong untuk mengajar dikelas yang saya dapatkan, agar nantinya bisa mengikuti gayanya mengajar dan mengetahui karakter-karakter siswa. Kemudian setelah itu karena bulan agustus adalah bulan kemerdekaan, tentunya pasti banyak kegiatan, salah satunya adalah mengawas gerak jalan. Megawas gerak jalan itu, saya mendapat bagian disore hari dari jam 3 sampai jam 6, paginya sekolah seperti biasa dengan jam pulang pukul 12.30, dan sorenya kembali ke sekolah untuk ngawas gerak jalan. Hari-hari itu saya lewati hingga selesai lomba.
Untuk selanjutnya saya sekolah seperti biasanya, mengikuti jejak guru-guru lainnya. Masalah mengajar atau masalah menjadi seorang calon guru, nampaknya tidak seperti yang ada dipikiran saya. Menjadi guru itu ternyata enak, kalau memang itu sudah cita-cita juga. Mengajar dikelas XI IPB 3 ternyata asik, siswanya tidak terlalu nakal, dan bisa diajak kerjasama juga. Hari-hari selanjutnya saya lalui seperti biasa sambil berbaur dengan guru-guru lainya, siswanya, satpamnya dll. Setelah lewat dua bulan tiba waktunya untuk saya melakukan ujian PPL, nampaknya ketegangan mulai terjadi, tapi semua itu saya bawa dengan perasaan tenang, karena mau tidak mau ujian harus tetap dilakukan dan sampai akhirnya saya bias mengatasi ketegangan itu menjadi tenang dan senang karena menurut guru pamongnya, saya itu sudah bagus dalam mengajar dan mengelola kelas. Itulah cerita singkat mengenai pengalaman yang saya dapat saat melakukan PPL di SMA Karya Wisata Penarukan.
Om Santih Santih Santih Om.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar